Wednesday, March 10, 2010

Apa itu Mehndi/Henna

Saya menyukai desain, tapi jangan dikira jago desain..hehehe. kebetulan nih mumpung masih di kota yang dekat dengan seni dan Mehndi, pengen ah belajar Mehndi. tadinya mau ikutan kursus, tapi gak ada yang buka kelas di deket kontrakan, ya wes otodidak.

Mehndi mungkin memang kurang menonjol di Indonesia, tapi tetep ada juga kok. mungkin bisa ditemui di daerah pemukiman arab.

Mehndi/Mehandi/Mehendi adalah suatu teknik untuk menggambar di tubuh (Tato) yang merupakan Seni Tubuh kuno. Mehndi digunakan untuk menciptakan suatu etnis atau desain kontemporer yang rumit dan pola eksotis di berbagai bagian tubuh.

Sering kali Mehndi disebut juga Henna, yang merupakan bahan dari Mehndi itu sendiri yaitu lawsonia inermis.

Secara tradisional Mehndi diaplikasikan pada tangan dan kaki perempuan untuk mempersiapkan upacara khusus. Bahannya benar-benar alami (di Indonesia dikenal sebagai pacar), non-permanen dan tidak sakit. Ini sebagai alternatif yang bagus menggantikan bahan tato yang sudah ada dan membahayakan kulit. Tato ini bisa bertahan dalam satu sampai tiga minggu, tergantung pada kulit. Dan yang paling menonjol dari henna ini adalah berwarna cokelat kemerah-merahan dan memiliki desain yang menarik

Karena biasanya digunakan untuk ceremonial, ada beberapa simbol yang memiliki makna digunakan sebagai desain. Tapi tidak hanya untuk seremonial saja, biasanya mehndi juga dipakai untuk keseharian, karena sifatnya yang tidak permanen maka desainnya pun bisa berganti-ganti.



Daun Henna juga telah digunakan sebagai pewarna rambut selama ribuan tahun di Afrika Utara, Semenanjung Arab, Levant, dan Asia Selatan. Daun Henna merah-oranye memiliki molekul pewarna, lawsone, yang menembus kulit dan rambut dan obligasi ke keratin. Pewarna rambut henna menghalangi sinar UV sehingga tidak merusak kulit, memperkuat rambut sehingga tidak mudah rontok membuat mengkilap dan berkilau, menghilangkan ketombe dan kurap, dan membunuh kutu dan telurnya. Reaksi alergi terhadap pacar sangat jarang terjadi.

Berikut gambar tentang henna/mehndi yang diambil dari wikipedia:



tanaman henna

henna bubuk


Mehndi di tangan




No comments:

Post a Comment